nama pahlawan Indonesia yang diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri

        Sebelumnya ane minta maaf karena udah lumayan lama ane nggak buku-buka ini blog. ya karena banyak alesan sih tapi alhamdulillah sekarang kita udah bisa ketemu lagi :D
bahasan kali ini yang juga adalah tugas sejarah dari guru ane adalah nama-nama pahlawan Indonesia yang diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri. hala ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi ane yang merupakan warga negara Indonesia. siapa sajakah mereka yuk kita lihat.........

1. RUE SOEKARNO – RABAT, MAROKO

Nama Soekarno diabadikan sebagai salah satu nama jalan sebagai penghormatan atas jasa Soekarno saat menggalang kekuatan negara–negara dunia ketiga dalam Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung, Jawa Barat.

Nama Jalan Soekarno sendiri diresmikan pada tahun 1960 oleh Raja Mohammed V dan dihadiri langsung oleh Soekarno yang saat itu sebagai Presiden RI. Sebelum berubah menjadi Rue Soukarno, nama jalannya adalah Al Rais Ahmed Soekarno.

Presiden Soekarno dianggap tokoh yang berperan dalam kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika, Indonesia merupakan Negara pertama yang mengakui kedaulatan Negara Maroko. Sebagai apresiasi dari raja Mohammad V, nama presiden Soekarno diabadikan sebagai nama jalan besar yang berada di jantung ibu kota ini.

2. MOHAMMED HATTA STRAAT – HARLEEM, BELANDA

Tokoh tersebut pastinya sudah tidak asing lagi. Sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah belajar di Belanda, maka pemerintah Belanda melalui walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan di Harleem Belanda.

3. R A KARTINISTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Di kawasan Amsterdam Zuidoost atau yang dikenal dengan sebutan Bijlmer Anda bisa melihat papan nama jalan bertuliskan Raden Ajeng Kartini Straat. Selain di tempat tersebut nama jalan Kartini juga bisa ditemukan di Harleem dan Utrech. Nama R A Kartini dipakai untuk menghormati perjuangan beliau karena telah membela hak-hak perempuan.

4. SJAHRIRSTRAAT – LEIDEN, BELANDA

Mantan Perdana Menteri Indonesia inijuga terkenal dekat dengan kalangan aktivis politik di Leiden. Sutan Sjahrir pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School Of Indology. Dari sini ia memperluas pergaulannya jadi akhirnya nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah jalan di kota Leiden.

 5. IRAWAN SOEJONOSTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Nama ini mungkin asing bagi telinga orang Indonesia. Beliau merupakan anak dari Raden Ario Adipati Soejono, salah satu menteri pertama Indonesia. Bagi orang Belanda, Irawan tak lain adalah pemuda Indonesia yang gagah berani. Irawan terbunuh pasukan SS Nazi Jerman yang ketika itu sedang menguasai Belanda. Sekarang namanya diabadikan sebagai nama jalan di kota Amsterdam.

6. AHMED SOKARNO ST – MESIR

Nama Ahmed diberikan pada nama jalan tersebut karena bung Karno dikenal dengan nama Ahmad Soekarno di Mesir. Nama tersebut diberikan oleh Gammal Abdul Nasser sebagai pemimpin waktu itu. Dipilihnya nama Soekarno untuk nama jalan karena pada tahun 1955 Sukarno berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).

7. MUNIRSTRAAT – DEN HAAG, BELANDA

Munir adalah pembongkar kasus penculikan aktivis tahun 1997-1998. Pemberian nama Munir sebagai nama jalan ini didasarkan atas semangat dan jasanya memperjuangkan Hak Asasi Manusia di Indonesia.


   Gimana bro?? lumayan banyak kan pahlawan-pahlawan kita yang namanya diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri. Dengan dijadikan nama suatu jalan otomatis nama mereka akan dikenal bahakan dikenang oleh orang yang lewat lalu-lalang di jalan itu kan? ini menandakan bahwa orang Indonesia tidak kalah hebat dengan orang eropa makanya kawan sebagai generasi muda penerus bangsa sudah sepatutnya kita gali potensi diri kita sehingga bisa membuat kita menjadi orang-orang hebat seperti yang diatas dan melanjutkan perjuangan para pendahulu kita..... 

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search